Syarat Masuk POLSUB Jalur Prestasi


Pendaftaran mahasiswa baru Politeknik Negeri Subang (POLSUB) melalui Jalur Prestasi telah dibuka. Calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah di POLSUB, jalur prestasi bisa menjadi salah satu pilihan karena mereka hanya perlu menunjukkan prestasi dalam bidang akademik ataupun non akademik untuk bisa kuliah di kampus negeri di Kabupaten Subang tersebut.
Jalur prestasi yang ada di Seleksi Mandir POLSUB merupakan program seleksi yang dilakukan oleh POLSUB dalam pemberian penghargaan atas kesuksesan pembelajaran yang menyeluruh kepada calon mahasiswa baru semasa di pendidikan menengah.
“Penjaringan prestasi ini dimaksudkan agar para calon mahasiswa baru bisa terdorong untuk berprestasi ketika di kampus nanti,” jelas Wiwik Endah Rahayu, Wakil Direktur I Bidang Akademik.
Penilaian calon mahasiswa baru melalui jalur prestasi akan dilakukan dengan tiga acara yaitu, melalui nilai raport dari kelas X hingga XII, nilai hasil UTBK-SNBT atau sertifikat prestasi akademik / non akademik, serta wawancara.
“Nilai raport digunakan untuk melihat hasil pembelajaran mereka Ketika di sekolah, hasil UTBK-SNBT atau sertifikat penunjang lainnya untuk melihat kemampuan mereka secara holistik, serta wawancara untuk mengetahui komitmen mereka sebelum menjadi mahasiwa,” ujar Irna Dwi Destiana, koordinator penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri.
Untuk sertifikat penunjang, calon mahasiswa baru bisa menggunakan beberapa sertifkat yang mereka peroleh semasa di sekolah menengah.
“Sertifikat yang bisa dilampirkan seperti sertifikat bidang seni, sertifikat oIimpiade, sertifikat bidang olahraga, sertifikat karya tulis ilmiah dan juga debat, tambah Irna.
Untuk contoh sertifikat beberapa bidang di atas sebagi berikut;

  1. Sertifikat Bidang Seni: Kompetisi bidang seni yakni seni tari, seni rupa/lukis, seni drama/sastra, seni suara/musik.
  2. Sertifikat OIimpiade: Bidang Olimpiade yang digunakan meliputi olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Ekonomi, dan sebagainya.
  3. Sertifikat Bidang Olahraga : Bidang olahraga yang diikuti seperti Atletik, Senam, Bulu Tangkis, Renang,Karate, Pencak Silat, dan sebagainya.
  4. Sertifikat Karya Tulis Ilmiah dan Debat : Bidang keilmuan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan, Ilmu Pengetahuan Hayati, lomba debat, cerdas cermat, dan sebagainya.

“Silahkan dipersiapkan dengan maksimal, baik nilai raport dan juga setifkat – sertifikat. Jika sudah siap, bisa langsung mendaftar melalui laman resmi POLSUB di https://pmb.polsub.ac.id/,” terang Ibu satu anak tersebut.