Seleksi Mandiri



INFORMASI PENDAFTARAN SELEKSI MANDIRI POLITEKNIK NEGERI SUBANG TAHUN 2023

Jalur Seleksi Mandiri POLSUB adalah jalur masuk ketiga mahasiswa baru di Politeknik Negeri Subang (POLSUB) setelah jalur SNBP dan SNBT. Jalur seleksi ini merupakan kegiatan seleksi yang dilakukan secara mandiri oleh POLSUB. Seluruh siswa SMA/MA/SMK dapat memilih 7 program studi yang ada di POLSUB, baik untuk jenjang Diploma 3 (D-3) maupun Sarjana Terapan (D-4).

Politeknik Negeri Subang melaksanakan Dua Jenis Seleksi Mandiri 2023 yaitu;

I. Seleksi dengan Tes 

Gelombang 1: Seleksi Mandiri Bersama Politeknik Negeri (SMBPN)

Pendaftaran 05 April – 22 Juni 2023

Pilihan 1 dan 2 memilih prodi di POLSUB, pilihan ke-3 dapat memilih program studi di politeknik lain.

(Daftar Politeknik dan Prodi Lain)

 

Gelombang 2: Seleksi Mandiri Politeknik Negeri Subang (SM)

Pendaftaran 26 Juni – 20 Juli 2023

Pilihan 1 dan 2 memilih prodi di POLSUB.

 

II. Seleksi dengan Jalur Prestasi

Pendaftaran 01 – 30 Juni 2023

Pilihan 1 dan 2 memilih prodi di POLSUB.

 

INFORMASI PENDAFTARAN SELEKSI MANDIRI POLSUB 2023

JADWAL PENDAFTARAN DAN PELAKSANAAN SELEKSI MANDIRI POLSUB

1. Seleksi dengan Tes

GELOMBANG I

1 Pendaftaran Online (Generate Virtual Account) 05 April – 22 Juni 2023
2 Pembayaran Seleksi Mandiri Jalur Tes 05 April – 22 Juni 2023
3 Finalisasi Pendaftaran (Cetak kartu tanda peserta ujian) 23 Juni 2023
4 Tes tulis 24 Juni 2023
5 Pengukuran tinggi badan (prodi keperawatan) 24 Juni 2023
6 Pengumuman lulus gelombang I 30 Juni 2023
7 Daftar ulang gelombang I 03 – 07 Juli 2023

GELOMBANG II

1 Pendaftaran Online (Generate Virtual Account) 26 Juni – 20 Juli 2023
2 Pembayaran Seleksi Mandiri Jalur Tes  26 Juni – 20 Juli 2023
3 Finalisasi Pendaftaran (Cetak kartu tanda peserta ujian) 21 Juli 2023
4 Tes tulis TKA dan TPA 22 Juli 2023
5 Pengukuran tinggi badan (prodi keperawatan) 22 Juli 2023
6 Pengumuman lulus gelombang II 24 Juli 2023
7 Daftar ulang gelombang II 24 – 28 Juli 2023
8 Pengumuman lulus cadangan 29 – 30 Juli 2023
9 Daftar ulang lulus cadangan gelombang II 29 – 31 Juli 2023

2. Seleksi Jalur Prestasi

1 Pendaftaran Online (Generate Virtual Account) 01 – 30 Juni 2023
2 Pembayaran Seleksi Mandiri Jalur Prestasi 01 – 30 Juni 2023
3 Finalisasi Pendaftaran (Cetak kartu tanda peserta) 01 – 30 Juni 2023
4 Wawancara 03 Juli 2023
5 Validasi berkas 03 – 07 Juli 2023
5 Pengukuran tinggi badan (prodi keperawatan) 03 Juli 2023
6 Pengumuman lulus jalur prestasi 10 Juli 2023
7 Daftar ulang jalur prestasi 10 – 14 Juli 2023

LAMAN PENDAFTARAN ONLINE:

https://siakad.polsub.ac.id/spmbfront

PERSYARATAN UMUM

  1. Warga Negara Republik Indonesia
  2. Pendaftar merupakan siswa tingkat akhir atau lulusan SMA/SMK/MA/MAK tahun 2021, 2022, dan 2023 dengan umur maksimal 22 tahun pada tanggal 31 Juli 2023
  3. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Berkelakuan baik, dan berbudi luhur
  6. Sanggup mematuhi peraturan akademik Politeknik Negeri Subang
  7. Tidak Buta Warna (Penuh maupun Parsial)
  8. Bagi yang memilih Program Studi D-III Keperawatan, tinggi badan minimal laki-laki 155 cm & perempuan 150 cm

PERSYARATAN TAMBAHAN JALUR PRESTASI

  1. Melampirkan nilai raport
  2. Melampirkan nilai hasil UTBK-SNBT / Sertifikat Prestasi / Surat Keterangan Berprestasi

PERSYARATAN KHUSUS

  1. Membayar Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) jika dinyatakan diterima melalui jalur Seleksi Mandiri
  2. SPI dibayarkan pada saat melakukan daftar ulang
  3. SPI ditentukan pada saat melakukan pendaftaran
  4. SPI dan UKT yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  5. Program studi, daya tampung, dan jurusan asal SMA/MA/SMK:
    PROGRAM STUDI DAYA TAMPUNG SELEKSI MANDIRI (*) SMA / MA SMK
    D-III Keperawatan 8 Mahasiswa (8%) IPA, IPS Rumpun Keperawatan / Kesehatan
    D-III Sistem Informasi 14 Mahasiswa (22%) IPA, IPS RPL, TKJ
    D-III Pemeliharaan Mesin 1 Mahasiswa (3%) IPA, IPS Semua Jurusan
    D-III Agroindustri 15 Mahasiswa (23%) IPA, IPS Rumpun Pertanian
    D-IV Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak 1 Mahasiswa (3%) IPA, IPS RPL, TKJ
    D-IV Teknologi Produksi Tanaman Pangan 9 Mahasiswa (28%) IPA, IPS Rumpun Pertanian
    D-IV Teknologi Rekayasa Manufaktur 6 Mahasiswa (19%) IPA, IPS Semua Jurusan

    * Jika kuota terpenuhi pada Gelombang 1 (Seleksi Mandiri) maka Gelombang 2 (Seleksi Mandiri) berbasis tes ditiadakan.

BERKAS YANG HARUS DIUNGGAH UNTUK PENDAFTARAN:

  1. Scan/Fotocopy Surat Keterangan Lulus atau Ijazah; (maxsize: 500 KB)
  2. Pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar (latar belakang merah); (maxsize: 500 KB)
  3. Scan/Fotocopy Akta Kelahiran; (maxsize: 500 KB)
  4. Scan/Fotocopy Kartu Keluarga; (maxsize: 500 KB)
  5. Scan/Asli Surat keterangan sehat dan tidak buta warna dari Dokter Pemerintah; (maxsize: 500 KB)
  6. Scan/Fotocopy Slip Gaji atau Surat Keterangan Penghasilan dari Kelurahan atau Desa.
  7. Scan/Asli Surat Keterangan Tidak Mampu dari kantor / kelurahan / RT;
  8. Scan/Fotocopy rekening listrik sesuai alamat orang tua/wali periode 3 bulan terakhir;
  9. Foto rumah tampak depan, tampak samping kiri kanan, ruang tamu, dapur, kamar mandi, foto jalan di depan rumah dan foto keluarga di depan rumah;
  10. File Scan Surat Pernyataan Pilihan Uang Kuliah Tunggal (UKT) . File format *.jpg, jpeg, pdf (maxsize: 500 KB) – UNDUH
  11. File Scan Surat Pernyataan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). File format *.jpg, jpeg, pdf (maxsize: 500 KB); – UNDUH
  12. Scan/Asli Isian Formulir Khusus Peserta KIP (maxsize: 500 KB); – UNDUH
  13. Scan/Asli Surat pernyataan keaslian data dan dokumen bermaterai (maxsize: 500 KB); –UNDUH
  14. Scan/Asli Isian perjanjian taat yang ditandatangani oleh calon mahasiswa bermaterai dan diketahui oleh orangtua (maxsize: 500 KB); – UNDUH
  15. Khusus Program Studi D-III Keperawatan diwajibkan melakukan tes tinggi Badan dan tes kesehatan lanjutan di Laboratorium Klinik Kimia Farma, Klinik Dewi Sartika, Klinik Almira atau Klinik Medika Farma Subang estimasi waktu pelaksanaan tes 1 hari yang meliputi:
    • Thorax photo;
    • EKG
  16. Semua berkas diunggah pada saat melakukan registrasi daring.
  17. Setelah berkas berhasil diunggah, semua berkas dimasukan ke amplop coklat kemudian dikirim melaui Jasa Ekspedisi (Wajib) ke alamat: Bagian Akademik Kampus 2 Politeknik Negeri Subang, Blok Kaleng Banteng, Desa Cibogo, Kab. Subang.  WA ( 0811-1111-2851)

BIAYA PENDAFTARAN:

  1. Biaya pendaftaran seleksi jalur Ujian Mandiri adalah Rp. 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah). Pembayaran dilakukan melalui:
    • Tokopedia (Virtual Account didapat setelah berhasil registrasi online)
    • Shopee (Virtual Account didapat setelah berhasil registrasi online)
    • BRI (Virtual Account didapat setelah berhasil registrasi online)
    • Indomaret (Virtual Account didapat setelah berhasil registrasi online)
  1. Biaya pendaftaran yang telah disetorkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

TAHAPAN PENDAFTARAN:

  1. Pendaftaran Online Jalur Seleksi Mandiri 2023
    • Pendaftaran online melalui laman https://siakad.polsub.ac.id/spmbfront
    • Pendaftaran awal masukan data diri nama, no telepon, tanggal lahir, tempat lahir, jenis kelamin, dan email (yang masih aktif dan dapat diakses oleh pendaftar)
    • Isi asal sekolah
    • Masukan pilihan program studi yang diminati di POLSUB
  1. Pendaftaran Berhasil
    • Jika pendaftaran berhasil, pendaftar mendapatkan ID Pendaftar dan PIN serta terdapat rincian tagihan yang harus dibayar (virtual account).
  1. Cetak Bukti Registrasi
    • Pendaftar mencetak bukti registrasi sebagai bukti bahwa telah melakukan registrasi.
  1. Pembayaran Biaya Pendaftaran
    • Pendaftar melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah), pembayaran melalui Tokopedia/Shopee/Indomaret.
    • Uang yang sudah disetor tidak bisa dikembalikan, slip setoran/bukti pembayaran biaya pendaftaran tidak perlu dikirimkan ke Panitia PMB POLSUB
  1. Login Pendaftar
    • Setelah berhasil melakukan pembayaran peserta melakukan login untuk melanjutkan proses pendaftaran hingga cetak kartu ujian. Login dengan ID Pendaftar dan Pin yang didapat dari registrasi awal.
  1. Pengisian Data Diri Pendaftar
    • Pendaftar mengisikan data diri (identitas, alamat, data orang tua, asal sekolah) dengan lengkap dan benar.
    • Lengkapi data diri dengan foto
  1. Upload berkas administrasi
    • Pendaftar melampirkan berkas – berkas yang telah disebutkan di atas
    • Pendaftar jalur prestasi wajib melampirkan nilai raport, sertifikat nilai hasil UTBK / Sertifikat Prestasi / Surat Keterangan Berprestasi
  1. Finalisasi Data Pendaftar
    • Pendaftar memastikan data diri yang diisikan telah benar dan melakukan finalisasi terhadap data tersebut.
  1. Cetak Kartu Ujian
    • Pendaftar mencetak kartu tanda peserta ujian dan dibawa saat ujian

PELAKSANAAN SELEKSI:

Seleksi dengan Tes

  1. Pendaftar datang ke Kampus Politeknik Negeri Subang dengan menggunakan pakaian rapi dan bersepatu
  2. Pendaftar datang ke lokasi tes 30 menit sebelum pelaksanaan tes dimulai
  3. Pendaftar menggunakan masker medis dan hand sanitizer
  4. Pendaftar mengikuti Tes Kemampuan Akademik / Tes Potensi Akademik pada waktu dan tempat yang telah ditentukan dengan membawa:
    • Kartu tanda peserta ujian
    • Kartu identitas diri
    • Alat tulis (bolpoin, pensil 2b)
  5. Komposisi soal:
    • Potensi kognitif/skolastik = 25
    • Penalaran matematika = 35
    • Literasi dalam bahasa Indonesia = 20
    • Literasi dalam bahasa Inggris. = 20
  6. Skoring
    • Benar = 4
    • Salah = -1
    • Kosong = 0

Seleksi Jalur Prestasi

  1. Mengunggah berkas pendaftaran
  2. Mengunggah scan Raport SMA/MA/SMK selama 5 semester
  3. Mengunggah scan Sertifikat prestasi/ sertifikat hasil UTBK
  4. Pendaftar datang ke Kampus Politeknik Negeri Subang dengan menggunakan pakaian rapi dan bersepatu untuk melaksanakan wawancara sesuai jadwal yang ditentukan
  5. Pendaftar datang ke lokasi tes 30 menit sebelum pelaksanaan wawancara dimulai
  6. Peserta menggunakan masker medis dan hand sanitizer
  7. Pendaftar mengikuti wawancara pada waktu dan tempat yang telah ditentukan dengan membawa:
    • Kartu tanda peserta ujian
    • Kartu identitas diri
    • Berkas asli yang telah diunggah (Raport dan Sertifikat prestasi/ sertifikat hasil UTBK

INFORMASI

Jika mengalami kendala pendaftaran bisa menghubungi nomor gawai 0811-1111-2851 atau datang ke sekretariat panitia di Kampus 1 Politeknik Negeri Subang atau Kampus 2Ruang Akademik Kampus 2 POLSUB Blok Kaleng Banteng Desa Cibogo, Subang.

BROSUR PMB 2023:

DOWNLOAD BROSUR POLSUB

DOWNLOAD BROSUR SELEKSI MANDIRI

Informasi detail calon peserta dapat menghubungi melalui WA (0811-1111-2851).