SNBT



PENGUMUMAN HASIL SELEKSI CALON MAHASISWA BARU JALUR SELEKSI NASIONAL BERDASARKAN TES (SNBT)

POLITEKNIK NEGERI SUBANG TAHUN AKADEMIK 2023/2024

Nomor: 1495/PL41.R1/TU.00.01/2023

Pada hari ini Selasa, tanggal 20 Juni 2023, Politeknik Negeri Subang menetapkan peserta Seleksi Calon Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) yang dinyatakan LULUS sebagai Calon Mahasiswa Politeknik Negeri Subang Tahun Akademik 2023/2024. Unduh Lampiran

Seluruh calon mahasiswa yang dinyatakan LULUS diharuskan untuk melakukan registrasi daring pada tanggal 22 s.d 25 Juni 2023 melalui: https://siakad.polsub.ac.id/spmbfront

  • Login ke Siakad dengan username menggunakan 9 digit terakhir kode pendaftar dan password menggunakan tanggal bulan tahun lahir, dengan format (ddmmyyyy).
  • Setelah berhasil login calon mahasiswa mengunggah dokumen kelengkapan daftar ulang di menu Daftar Ulang (dokumen kelengkapan terlampir ).
  • Calon mahasiswa yang telah sebesar melakukan unggah dokumen akan melakukan pembayaran UKT setelah adanya Pengumuman Besaran UKT dari Politeknik Negeri Subang melalui laman resmi. Pembayaran UKT dilaksanakan pada tanggal 28 d 30 Juni 2023.
  • Jika mengalami kendala login bisa menghubungi nomor gawai 0811-1111-2851.
  • Bagi calon mahasiswa yang sudah mempunyai KIP kuliah akan tetapi belum melakukan pendaftaran di sistem SNBT bisa menghubungi pengelola melalui nomor gawai 0811- 1111-2851.
Khusus Program Studi D3 Keperawatan:
  • Melakukan test pengukuran tinggi badan tanggal 21 s.d 22 Juni 2023 di Kampus I Politeknik Negeri Subang (Jalan Brigjen Katamso No. 37, Belakang RSUD Subang, Dangdeur, Kec. Subang) pada; Pagi: 09.00 s.d 11.00 dan Siang: 13.30 s.d 15.00
  • Setelah tinggi badan dinyatakan sesuai, melakukan test kesehatan Thorax Photo dan EKG di layanan kesehatan daerah kabupaten subang, yaitu Laboratorium Klinik Kimia Farma, Klinik Dewi Sartika, Klinik Almira atau Klinik Medika Farma tanggal 21 s.d 23 Juni 2023.
  • Melakukan registrasi/unggah dokumen daring paling lambat tanggal 25 Juni 2023.

Calon mahasiswa yang tidak mendaftar ulang secara daring hingga batas waktu berakhir dan tidak mengirimkan berkas secara luring dianggap mengundurkan diri dan wajib melampirkan surat pernyataan pengunduran diri. Unduh Dokumen

PERSYARATAN DAFTAR ULANG CALON MAHASISWA BARU JALUR SNBT

  • Berkas dan kelengkapan yang harus di unggah pada sistem daftar ulang dan di kirim secara luring melalui jasa ekspedisi sebagai berikut:
    1. Scan/Fotocopy Surat Keterangan Lulus atau Ijazah (Lulusan Tahun 2023);
    2. Pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar (latar belakang merah).
    3. Scan/Fotocopy Akta Kelahiran;
    4. Scan/Fotocopy Kartu Keluarga;
    5. Scan/Asli Surat keterangan sehat dan tidak buta warna dari Dokter Pemerintah.
    6. Scan/Fotocopy Slip Gaji atau Surat Keterangan Penghasilan dari Kelurahan atau Desa.
    7. Scan/Asli Surat Keterangan Tidak Mampu (jika ada)
    8. Scan/Fotocopy rekening listrik sesuai alamat orang tua/wali periode 3 bulan terakhir.
    9. Foto rumah tampak depan, tampak samping kiri kanan, ruang tamu, dapur, kamar mandi, foto jalan di depan rumah dan foto keluarga di depan rumah.
    10. Scan/Asli Isian Formulir Khusus Peserta KIP (form dapat diunduh disini)
    11. Scan/Asli Surat pernyataan keaslian data dan dokumen bermaterai (form dapat diunduh di sini).
    12. Scan/Asli Isian perjanjian taat yang ditandatangani oleh calon mahasiswa bermaterai dan diketahui oleh orangtua (form dapat diunduh di sini).
    13. Khusus untuk Program Studi D3 Keperawatan diwajibkan melaksanakan pengukuran tinggi badan di Kampus Ciereng, adapun waktu pelaksanaanya adalah pada:
      1. Pagi: 09.00 s.d 11.00
      2. Siang: 13.30 s.d 15.00
    14. Khusus Program Studi D3 Keperawatan diwajibkan melakukan tes kesehatan lanjutan di Laboratorium Klinik Kimia Farma, Klinik Dewi Sartika, Klinik Almira atau Klinik Medika Farma Subang estimasi waktu pelaksanaan tes 1 hari yang meliputi:
      • Thorax photo;
      • EKG
  1. Selanjutnya melaksanakan daftar ulang secara secara daring dari tanggal 22 s.d 25 Juni 2023, kemudian mendapatkan Virtual Account untuk Pembayaran UKT pada tanggal 28 s.d 30 Juni 2023.

  • Pembayaran uang kuliah semester 1.
    Pembayaran uang kuliah sesuai dengan kelompok UKT akan dilakukan setelah Pengumuman Besaran UKT dari Politeknik Negeri Subang melalui laman resmi.

Seluruh berkas dimasukan ke dalam amplop cokelat dengan nama dan prodi pilihan calon mahasiswa, kemudian dikirimkan kepada Bagian Akademik Kampus 2 Politeknik Negeri Subang, Blok Kaleng Banteng, Desa Cibogo, Kab. Subang.

Informasi terkait berkas yang dikirim dapat di lihat di laman https://pmb.polsub.ac.id/snbt/ atau menghubungi melalui WA ( 0811-1111-2851).

 


INFORMASI PENDAFTARAN SELEKSI NASIONAL BERBASIS TES 2023

 

 

INFORMASI PENDAFTARAN SELEKSI NASIONAL BERBASIS TES 2023

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah melakukan berbagai transformasi Merdeka Belajar di semua jenjang, baik pendidikan dasar dan menengah hingga pendidikan tinggi guna mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul yang berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Untuk menyelaraskan capaian perubahan tersebut, Kemendikbudristek telah menyusun arah baru transformasi dalam pendidikan tinggi salah satunya dengan meluncurkan Merdeka Belajar Episode Kedua Puluh Dua: Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri menyatakan bahwa transformasi Pendidikan Tinggi di Indonesia yang sekarang ini tengah berjalan bertujuan untuk membentuk lulusan yang memiliki kompetensi multidisiplin dan memiliki dasar yang kuat terhadap disiplin ilmu utama setiap program studinya. Arah kebijakan transformasi pendidikan tinggi ini diimplementasikan dalam mekanisme penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi negeri secara nasional dan mandiri yang sejalan dengan semangat merdeka belajar guna mendorong peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan pada jenjang sebelumnya

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes berfokus pada kemampuan penalaran dan pemecahan masalah.

Seleksi berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah. Dalam seleksi berdasarkan tes, tidak ada lagi tes mata pelajaran, tetapi hanya tes skolastik yang mengukur empat hal yaitu potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris. Soal pada seleksi ini akan menitikberatkan kemampuan penalaran peserta didik, bukan hafalan.

Dengan demikian, skema seleksi menjadi lebih adil dan setiap peserta didik memiliki kesempatan untuk sukses pada jalur seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT). Kerja sama antara peserta didik dan guru melalui pengasahan daya nalar akan meningkatkan kesuksesan peserta didik pada jalur seleksi berdasarkan tes.

Seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT) menggantikan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN).

SKEMA SNBT 2023

Latar Belakang SNBT 203

UTBK-SNBT 2023 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2021, 2022, dan 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023). Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes pada PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN).

Tujuan UTBK-SNBT

  1. Memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu; dan memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel yaitu memilih lokasi dan waktu tes.
  2. Memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih PTN Akademik, PTN Vokasi, dan PTKIN secara lintas wilayah; dan
  3. Menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan hasil UTBK dan/atau kriteria lain yang ditetapkan bersama PTN Akademik, PTN Vokasi, dan PTKIN

Ketentuan Umum UTBK-SNBT

  1. Peserta SNBT hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali
  2. Hasil UTBK hanya untuk mendaftar pendaftaran SNBT 2023.
  3. SNBT 2023 dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan PTN Akademik, PTN Vokasi, atau PTKIN yang bersangkutan

Pendaftaran SNBT-UTBK

Panduan Pendaftaran UTBK-SNBT 2023 dapat dilihat di sini

Biaya Pendataran SNBT-UTBK

  1. Biaya UTBK sebesar Rp200.000,- (dua ratus ribu rupiah)
  2. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.
  3. Panduan Pembayararan sebagai berikut;

Pilihan Program Studi

Setiap siswa diperbolehkan memilih dua program studi pada satu PTN atau masing-masing satu prodi pada dua PTN (Merdeka Bertanggung jawab).

Persyaratan Peserta UTBK-SNBT

  1. Memiliki Akun SNPMB.
  2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2023 harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023).

Catatan:

Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai dengan:

  • foto terbaru (berwarna)
  • stempel/cap sekolah
  • tanda tangan Kepala Sekolah
  1. Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2021 dan 2022 atau lulusan Paket C tahun 2021 dan 2022 harus memiliki ijazah dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023). Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  2. Tidak lulus jalur SNBP 2023 atau SNMPTN pada tahun 2021, atau 2022.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  4. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio.
  5. Bagi peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra
  6. Hasil UTBK 2023 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan PTN 2023

Persyaratan Khusus Pendaftar di POLSUB

  1. Sehat jasmani dan rohani
  2. Berkelakuan baik dan berbudi luhur
  3. Sanggup mematuhi peraturan akademik Politeknik Negeri Subang
  4. Tidak buta warna (Penuh maupun Parsial)
  5. Bagi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke Program Studi D-III Keperawatan harus dari lulusan Jurusan IPA, IPS, dan SMK Ranah Keperawatan/Kesehatan/Kebidanan/Farmasi
  6. Khusus bagi yang memilih Program Studi D-III Keperawatan, tinggi badan minimal laki-laki 155 cm & minimal perempuan 150 cm.
  7. Pengukuran Tinggi Badan dilaksanakan di Kampus Ciereng Politeknik Negeri Subang dan tidak diperkenankan melakukan pengukuran di tempat lain.

Program Studi Pilihan di POLSUB

  • Diploma Tiga (Ahli Madya)
    • D-III Sistem Informasi
    • D-III Agroindustri
    • D-III Pemeliharaan Mesin
    • D-III Keperawatan
  • Diploma Empat (Sarjana Terapan)
    • D-IV Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak
    • D-IV Teknologi Produksi Tanaman Pangan
    • D-IV Teknologi Rekayasa Manufaktur

Materi UTBK-SNBT

  • Tes Potensi Skolastik (TPA)

TPS mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar.

  • Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

  • Penalaran Matematika

Mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.

Portofolio

Portofolio ada 10 jenis, sebagai berikut.

  1. Olahraga;
  2. Seni Rupa, Desain, dan Kriya;
  3. Tari (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Tari);
  4. Teater (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Teater/Drama);
  5. Musik (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Musik);
  6. Seni Karawitan;
  7. Etnomusikologi;
  8. Fotografi;
  9. Film dan Televisi;
  10. Seni Pedalangan.

Tahapan Pendaftaran

Secara umum tahapan pendaftaran UTBK-SNBT sebagai berikut:

  1. Registrasi Akun SNBT

Wajib bagi semua calon pendaftar UTBK-SNBT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

  1. Login

Peserta menggunakan akun SNPMB di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

  1. Memilih Menu Verifikasi dan Validasi Data

Mengisi dan melengkapi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata serta unduh dan unggah pernyataan tuna netra/low vision

  1. Memilih Menu Pendaftaran UTBK-SNBT

Memilih Program Studi, Mengunggah Portofolio, Memilih Pusat UTBK PTN, dan memperoleh Slip Pembayaran Biaya UTBK

  1. Membayar

Akan diumumkan kemudian.

  1. Mencetak Kartu Peserta UTBK-SNBT

Login ke laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id memilih menu pendaftaran UTBK-SNBT untuk unduh Kartu Peserta UTBK

JADWAL SNBT 2023 NASIONAL

  1. Laman untuk pendaftaran SNBP adalah melalui https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Pembuatan Akun SNPMB : 16 Februari – 03 Maret 2023
  3. Sosialisasi UTBK-SNBT : 01 Desember 2022 – 14 April 2023
  4. Pendaftaran UTBK-SNBT : 23 Maret – 14 April 2023
  5. Pelaksanaan UTBK Gelombang I : 08 – 14 Mei 2023
  6. Pelaksanaan UTBK Gelombang II : 22 – 28 Mei 2023
  7. Pengumuman Hasil SNBT: 20 Juni 2023
  8. Masa Unduh Sertifikat UTBK : 26 Juni – 31 Juli 2023

JADWAL SNBT 2023 POLSUB

1 Pengumuman SNBT 20 Juni 2023
2 Tes Tinggi Badan (Khusus Prodi D-III Keperawatan) 21 – 22 Juni 2023
3 Tes Thorax dan EKG (Khusus Prodi D-III Keperawatan) 21 – 23 Juni 2023
4 Daftar Ulang Jalur SNBT 22 – 30 Juni 2023
5 Validasi Berkas Pendaftar Jalur SNBT 27 – 30 Juni 2023
6 Pengumuman dan Pembayaran UKT Jalur SNBT 28 – 30 Juni 2023

DOWNLOAD BROSUR SNBT

Informasi detail calon peserta dapat menghubungi melalui WA (0811-1111-2851).[/vc_column_text]